7 Kebiasaan Blogger Pemula

Sebelumnya mohon maaf karena tulisan ini bukan bermaksud menjelekkan blogger baru / pemula. Tidak juga bermaksud menyebut diri saya blogger senior karena saya merasa masih dalam tahap belajar. Tulisan ini sekedar masukan dan kritik pada blogger pemula.
Maksud saya adalah blogger pemula yang benar-benar baru pertama kali ngeblog. Mereka biasanya memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam menjalankan aktivitas ngeblog. Dari mana saya tahu? Tidak jauh-jauh, saya berkaca pada diri sendiri ketika dulu baru pertama kali ngeblog.
Nah, berikut ini kebiasaan blogger pemula yang saya rangkum menjadi 7 poin yaitu :

1. Gonta-Ganti Theme
Blogger pemula biasanya punya kebiasaan gonta-ganti theme, apalagi jika menggunakan layanan blog gratis seperti WordPress.com yang dengan sangat mudah berganti theme.

2. Menulis Topik Tidak Jelas
Sangat jarang blogger pemula yang konsisten pada topik blog mereka. Mereka biasanya membuat tulisan dengan topik tidak jelas. Dan lebih parah lagi ada yang menggunakan bahasa yang tidak jelas.

3. Sibuk Blogwalking Sambil Meminta Kunjungan Balik
 Blogger pemula yang ingin eksis pasti sibuk blogwalking untuk memperkenalkan diri. Sayangnya mereka lebih banyak hanya say hello lalu meminta kunjungan balik yang justru membuat pemilik blog malas berkunjung balik.

4. Sibuk Mengecek Page Rank
 Belum berapa lama ngeblog, blogger pemula pun memiliki kebiasaan sibuk mengecek trafik, Page Rank (PR), Alexa dan lain sebagainya.

5. Mencari Trik SEO
Untuk memenuhi ambisi mendapatkan PR, Alexa dan lainnya yang bagus, maka mereka akan sibuk mencari tips dan trik SEO.

6. Menulis Tips SEO
Kebiasaan blogger pemula selanjutnya adalah mencoba menulis tips dan trik SEO. Masih syukur kalau tulisan tersebut sudah dicoba dan dibuktikan sebelumnya.

7. Menulis Kehabisan Ide
Dan ketika semua usaha mereka gagal, lalu munculah tulisan sedang kehabisan ide. Bahkan tak jarang dari blogger pemula tersebut hiatus. Ada juga yang memutuskan untuk membuat blog baru yang lebih baik.

Itulah 7 kebiasaan blogger pemula menurut saya, jika ada yang kurang silahkan ditambahkan. Sebagai catatan, apa yang saya tulis diatas tidak berlaku mutlak pada semua blogger pemula. Tapi bagaimanapun juga semua kebiasaan itu adalah proses.
Jadi, dont worry, keep blogging… betul?

About this entry

Related Post